Tata Cara Ziarah Kubur Ke Makam Wali Dan Orang Tua Sesuai Sunnah Dan Bacaannya

Tata Cara Ziarah Kubur Ke Makam Wali Dan Orang Tua Sesuai Sunnah Bacaannya - Dalam kesempatan kali ini, kami akan membuat sebuah postingan mengenai tata cara ziarah kubur, tatak rama dan adab adab dalam agama islam, ketempat pemakaman orang yang sudah meninggal dunia, seperti sahabat, keluarga, orang tua dan waliyullah (wali), mungkin pemirsa ada yang belum tahu dalam tata cara peraktek atau melaksanakannya.

Karena berziarah ketempat orang yang sudah meninggal dunia itu sangatlah penting buat kita semua yang masih hidup, di karena ini adalah anjuran kanjeng Nabi Muhammad Rasullullah SAW, yaitu untuk mengingatkan betapa penting dan banyak hikmah yang terkandung di dalam mengunjungi orang sudah wafat.

Hikmah ziarah kubur mengunjungi ketempat orang meninggal, salah satu hikmahnya Yaitu, bersemangat meningkatkan dalam mengerjakan ibadah, dan untuk mengingatkan kepada orang masih hidup, bahwa di dalam kubur kita akan sendirian, kesepian tidak ada satupun yang menemani kecuali amal ibadah perbuatan semasa lagi hidup.

Tata Cara Ziarah Kubur

Kamanku sekalian, mari kita lihat dan baca dengan seksama penjelasan tata cara zirah kubur menengok orang sudah meninggal menurut islam adalah sebagai berikut, dan jangan lupa baca juga doa ziarah kubur yang dapat kami buat di tempat halaman lainnya, berzirah kubur tidak membacakan doa sama juga masak sayur tidak pakai garam.

Tata Cara Ziarah Kubur

1. Sebelum ziarah harus punya wudhu.

2. Sesudah sampai di makam membacakan salam.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْنَ ، وَيَرْحَمُ اللهُ اْلمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَاْلمُسْتَأْخِرِيْنَ وَاِنَّا اِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ . اَنْتُمْ لَنَا فَرَطٌ وَنَحْنُ لَكُمْ تَبَعٌ اَسْاَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ اْلعَافِيَةَ ، اَللّهُمَّ رَبَّ اْلاَرْوَاحِ اْلبَاقِيَةِ وَاْلاَجْسَادِ اْلبَالِيَةِ وَاْلعِظَامِ النَّخِرَةِ الَّتِيْ خَرَجَتْ مِنَ الدُّنْيَا وَهِيَ بِكَ مُؤْمِنَةٌ اَدْخِلْ عَلَيْهِمْ رَوْحًا مِنْكَ وَسَلاَمًا مِنَّا .

3. Sesudah sampai harus menghadap kiblat da kerah muka kuburan.

4. Terus memcakan tawasul hadiah kepada Kanjeng Nabi dan Rasul, Sahabat Rasul, Waliyullah dan terakhir kepada ahli kubur yang dituju sebutkan namanya.

5. Dilanjutkan membacakan ayat suci Al-quran seperti surah yasin dan surah-surah yang lainnya.

6. Dalam melakukan ziarah kubur di larang menginjak dan melewati makam , menduduki dan berputar-putar mengelilingi makam.

7. Terakhir setelah beres semuanya, membacakan salam lagi seperti yang di atas.

Itulah tata cara ziarah kubur dan adab zirah kubur syariat islam menurut sunnah. Semoga bahasan diatas bisa membantu kepada orang yang tidak tahu cara cara berziarah kubur, setelah selesai dari bacaan di atas bisa membacakan doa-doa, misalnya membacakan doa sholawat munfarijah dan sholawat yang lainnya.